Penjelasan Tentang Content Placement

Melanjutkan pembahasan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan ini saya akan membahas kembali sumber pengasilan dari personal blogger. Ya, Content placement adalah salah satu sumber penghasilan seorang personal blogger karena kerjasama antara advertiser dengan blogger. 

Mungkin anda akan bertanya-tanya kenapa advertiser rela mengeluarkan uang besar untuk content placement. Secara tidak langsung hanya untuk beberapa kata artikel dan sebuah link yang mengarah ke landing page atau website bisnis mereka.

Kenapa bisa seperti itu? sebelum membahas mengenai apa itu content placement, tak ada salahnya apabila saya menjelaskan terlebih dahulu alasa mengapa advertiser sangat membutuhkan hal semacam ini. 

Kata advertiser dapat berupa perseorangan (blogger lain), professional ataupun agency digital. Namun yang sering melakukan transaksi adalah professional dari suatu perusahaan. Professional yang saya maksud adalah seorang digital marketer, seo specialist dan bidang pekerjaan terkait lainnya. 

Kita bicara masalah bagaimana seorang professional melakukan pekerjaannya yang berkaitan dengan search engine optimization. sejatinya sebuah perusahaan pasti memiliki resource seperti PBN atau blog untuk merangking keyword yang ditarget. Namun, blog milik perusahaan tidak akan pernah sebaik dengan personal blog. 

 

Mengapa demikian? selain karena keterbatasan sumber daya untuk mengupdate secara terus menerus blog PBN yang dimiliki perusahaan, biasanya juga tidak ada aktivitas di blog tersebut. Oleh karena itu, perusahaan biasanya membeli sumber backlink dari para personal blogger. 

 Nah pembelian atau pemesanan itulah yang dinamakan content placement. Oh iya, jangan salah persepsi dulu, content placement dengan content review atau job review itu berbeda loh ya. Kalau content placement biasanya lebih ke arah sponsored post, dimana artikel dari advertiser. 

Secara tidak langsung content placement akan menguntungkan kedua belah pihak, mengapa? yups bagi advertiser mereka akan mendapatkan sumber backlink berserta pengunjung dari blog yang mereka pilih. Sedangkan bagi seorang blogger, selain mendapatkan penghasilan, tentu akan menambah daftar artikelnya.

Tak sembarangan blog dapet content placement loh, advertiser biasanya mencari blog dengan kriteria tertentu. Untuk saat ini metric yang biasanya dijadikan acuan oleh advertiser adalah DA atau domain authority, pengunjung, hingga metris Spam Score. 

Semakin besar angka DA dan pengunjung maka blog tersebut akan berpeluang lebih besar mendapatkan JOB dari advertiser. Eits, tak hanya metric itu, meskipun DA anda tinggi tapi memiliki spam score cukup tinggi biasanya advertiser mempertimbangkan lebih jauh lagi.