Merawat NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) di dalam suatu bingkai Bhinneka Tunggal Ika hendaknya menjadi suatu kewajiban bangsa Indonesia. Semboyan ini merupakan semboyan bangsa Indonesia yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan. Indonesia berawal dari suatu keberagaman yang disatukan dengan ikatan perasaan yang tunggal.

Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku yang beranekaragam budaya daerah, tetapi bahasa dan tanah air hanya satu yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Selain kedua hal tersebut, ada juga alat pemersatu bangsa yaitu bendera merah purih sebagai lambang identitas bangsa dan falsafah dasar hidup di dalam Pancasila.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang mengungkapkan rasa persatuan dan kesatuan yang didasari oleh keberagaman. Menurut penulis, inilah arti-arti bermakna dalam memahami keberagaman sebuah Bhinneka Tunggal Ika.

Merawat NKRI dengan pancasila yang menyatukan suku bangsa

Sebagai bangsa Indonesia, kita sebagai warga negara harus bersatu padu agar menciptkan satu kesatuan yang bulat dan utuh, walaupun berbeda suku daerah. Untuk dapat bersatu, sebaiknya kita harus memiliki pedoman dalam menyatukan pandangan kita dan tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila menjadi satu-satunya jalan tengah dalam menemukan kesatuan tersebut. Sebab, hanya Pancasila lah yang dapat meningkatkan rasa persaudaraan dengan berbagai suku bangsa di Indonesia yang memang mulanya berbeda.

Kekayaan budaya di Indonesia

Adanya keanekaragaman di dalam setiap budaya Indonesia menjadi catatan tersendiri bagi bangsa. Kekayaan bangsa berawal dari kebudayaan daerah yang merupakan modal utama untuk mengembangkan kebudayaan nasional. Kebudayaan daerah yang dapat menjadi kebudayaan nasional juga harus menunjukkan ciri atau identitas bangsa yang berkualitas tinggi sehingga dapat diterima oleh seluruh bangsa Indonesia. Selain itu, banyak kebudayaan daerah yang telah pantas dan tepat diangkat sebagai budaya nasional. Hebat bukan!

Merawat NKRI dengan perbedaan agama yang menjadi pemersatu

Di Indonesia, meskipun sering banyak yang memperentangkan dan mempermasalahkan perbedaan Agama. Sebetulnya, di saat yang lain agama menjadi pemersatu bangsa. Dalam kehidupan berbangsa, kita hendaknya mengetahui keberagaman dalam agama itu merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Contohnya agama Islam yang tidak pernah mengajarkan untuk untuk memaksakan kepercayaan kita kepada orang lain dan selalu damai.

Dengan menghormati dan menghargai agama dan keyakinan orang lain, maka tidak akan ada pertengkaran. Kalaupun ada, pasti hanyalah oknum-oknum yang mengingingkan pertengkaran. Karena sejatinya bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Menghormati perbedaan ras yang ada di Indonesia

Apabila Indonesia memiliki banyak suku, masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras pula. Karena memang cikal bakal adanya bangsa Indonesia yaitu dari perpaduan berbagai ras yang ada di dunia, mulai dari letak, kondisi, geografis wilayah Indonesia dan faktor ekternal dari kedatangan bangsa asing. Di antaranya, ras yang ada dalam masyarakat Indonesia yang terbesat yaitu ras Malayan-Mongoloid yang ada di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selanjutnya, kedua terbesar yaitu ras Melanesoid yang mendiami daerah Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya yang ketiga, ras Asiatic- Mongoloidseperti orang Jepang, Korea dan Tionghoa. Ras ini tinggal menyebar di seluruh Indonesia, namun terkadang mendiami daerah tertentu. Dan yang terakhir yaitu ras Kaukasoid yaitu orang Amerika, India, Eropa, Timur Tengah, dan Australia.

Merawat NKRI: Indonesia tercipta berdasarkan semangat dari berbagai golongan

Beberapa sikap yang dapat dilakukan untuk menghormati kelompok atau golongan satu dengan lainnya, yaitu dengan menerima golongan atau orang lain dalam pergaulan sehari-hari bermasyarakat. Hendaknya kita jangan membedakan antara golongan yang satu dengan golongan yang lainnya. Selain itu, setiap golongan tidak boleh saling menjelek-jelekkan, menghina, dan merendahkan golongan atau kelompok yang lainnya. Itulah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesatuan Indonesia. Karena manusia yang diciptakan Allah SWT. dengan harkat dan martabat yang sama.

Bhinneka Tunggal Ika sebagai alat pemersatu bangsa

Sebagai alat pemersatu bangsa, Bhinneka Tunggal Ika menunjukkan bahwa realitas bangsa Indonesia adalah pemertahanan keanekaragaman suku bangsa, budaya, agama ras dan golongan/ Hal ini pula yang menga­rahkan pada pilihan untuk menganut asas multi­kulturalisme. Dalam asas multikultu­ralisme ada kesadaran bahwa bangsa itu tidak tunggal, tetapi terdiri atas sekian banyak komponen yang berbeda.

Sobat Abisnis, sejatinya untuk dapat memperkuat persatuan dan kesatuan, hendaknya kita harus memiliki pedoman yang dapat menyeragamkan pandangan dan tingkah laku di dalam kehidupan sehari-hari. Adanya persamaan hak dan kewajiban juga merupakan semangat yang dibangun umat Islam yang bisa dikatakan mayoritas di Indonesia. Setiap langkah dan tingkah laku bangsa Indonesia yang berdasar pada Pancasila juga merupakan ide dari mayoritas rakyat Indonesia yang sebagian besar muslim itu. Tujuannya tak lain yaitu untuk meningkatkan rasa persaudaraan dengan berbagai suku bangsa di Indonesia.

Maka, yang perlu kita lakukan sobat abisnis, yaitu membiasakan bersahabat dan saling membantu dengan sesama warga yang ada di lingkungan kita, mulai dari hal kecil seprtii gotong royong dan kegiatan komunitas lainnya. Bangsa Indonesia juga harus saling memahami bahwa di dalam suatu bangsa itu harus ada perasaan satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan sehati dalam kekuatan wilayah nasional. Begitupun dengan kekayaannya yang dikelola serta dimiliki bangsa ini.