5+ Cara Mendapatkan Uang dari Personal Blog

Bagaimana sih cara mendapatkan uang dari blog? Semua orang pasti pernah mengunjungi sebuah blog baik untuk mendapatkan informasi ataupun sekedar selancar maya. Pernah gak sih saat mengunjungi blog kalian melihat iklan diatas, ditengah ataupun dibawah dari artikel yang dibaca?

Kalau kalian pernah melihat, berarti kalian sudah selangkah lebih maju untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari sebuah blog. Nah disini saya akan berbagai mengenai itu, tapi khususnya untuk personal blog. Lah terus apa bedanya dengan blog berita atau blog lainnya? 

Selain dari gaya bahasa yang digunakan, perbedaan yang paling mencolok ada pada pembahasan dan desain dari blognya itu sendiri. Biasanya untuk personal blog bahasa yang digunakan cenderung memakai gaya bahasa sehari-hari (tidak formal).

 

Bagi kalian yang masih baru mau memulai membuat blog. Tolong tetapkan terlebih dahulu tujuan kalian membuat blog. Kalau kalian bertujuan hanya berorientasi pada uang, saya rasa itu kurang tepat. Mengapa?

Karena, disaat kita tidak mendapatkan uang dari blog, biasanya kita cenderung malas dan tidak punya semangat untuk menulis kembali. Jadi pastikan set diawal tujuan utamanya, sejatinya personal blogger itu adalah seseorang yang memiliki passion di dunia internet khususnya blogging. 

Passion itu bisa berupa menulis, desain ataupun lainnnya. menurutku sih uang yang dihasilkan itu adalah bonus. Apabila tujuan sudah ditetapkan, oke saatnya saya memberi gambaran mengenai sumber pendapatan apa saja yang bisa didapatkan dari personal blogger.

 

1. Komisi Afiliasi

Kata affiliate marketing mungkin sudah tidak akan asing lagi bagi seorang personal blogger. Bergabung dengan program ini adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari personal blog.  Istilah teknis dari afiliasi ini adalah Program PPA (Pay per action) atau CPA (Cost Per Action). Bila kalian berkunjung ke personal blogger mungkin pernah melihat iklan yang khusus menampilkan dari suatu layanan (produk perusahaan). Nah itu adalah salah satu bentuk program afiliasi. kalau boleh disebut seperti Afiliasi Lazada, Niaga Hoster Amazon, Ebay dan lain sebagainya.

2. Ruang Iklan Mandiri

Untuk mendapatkan iklan mandiri dari sebuah perusahaan ataupun advertiser (pengiklan), hal yang harus kalian fokuskan yaitu pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang datang ke personal blogmu, akan berpeluang mendapatkan placement iklan oleh advertiser. Biasanya iklan yang ditawarkan adalah iklan untuk personal branding dari produk advertiser.

Oleh karena itu, tingkatkan terus konten, maka pengunjung akan mengikutinya hehe.

3. Publisher Ads

Menjadi publisher periklanan adalah salah satu impian dari sebagian besar personal blogger. Salah satu program yang paling umum digunakan dan populer adalah Google Adsense. Namun, sebagian dari blogger tak mudah untuk menjadi partner dari program ini. 

Butuh perjuangan yang berdarah darah agar diterima pada program ini. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang personal blogger untuk dapat meminang akun google adsense. Oke, bila kalian tidak diterima pada program ini tidak usah risau terlebih dahulu, karena poin 4 juga adalah sumber penghasilan menjadi seorang personal blogger.

 

4. Menjual Produk atau Jasa

Blogging tidak akan pernah lepas dari yang namanya menjual. Sejatinya blogger itu menjual tulisan mereka untuk dibaca oleh pengunjung, nah tidak sedikit dari pemilik blog yang menjual produk atau jasa yang mereka tawarkan didalam personal blog mereka. 

Bagi kalian yang baru terjun di dunia blog, coba tetapkan niche tulisan yang akan kalian buat kedepan. Syukur syukur tulisan anda berkaitan dengan passion atau skill anda. Sebagai contoh, kalian punya skill desain baik sketch ataupun gambar 3D.

Apabila kalian konsisten membuat tulisan berkaitan dengan itu selama 1 tahun saja, saya yakin blog anda dapat dijadikan ladang penghasilan tetap. Mengapa? Karena kalian sudah punya pasar yang sama-sama menyukai bidang desain. 

Bayangkan apabila pengunjung yang suka desainmu 500 orang perhari. Kalian coba jual produk tutorial desain ataupun jasa desain, pasti laku! Soalnya itu memang sudah tertarget. Beda dengan blog yang memilih niche gado gado (campur-campur) hehe. Akan sangat susah closing.

5. Sponsored Post

Sponsored post sejatinya ada 2 kategoti, ada content placement dan content review (job review). Bagaimana agar seorang personal blogger dapat dipilih oleh advertiser? cara paling cepatnya adalah dengan mengikuti marketplace backlink. Salah satu situs yang mempertemukan kalian dengan advertiser adalah Jawalink.com.

Jawalink.com adalah Jasa backlink, marketplace backlink yang dapat mempertemukan publisher (blogger) dengan advertiser. Cara paling jitunya agar dipilih yaitu dengan meningkatkan kualitas tulisan, DA, tampilan.