Adanya dunia digital masih menjadi perbincangan di beberapa kalangan karena dapat memberikan dampak positif bahkan negatif bagi penggunanya, apalagi dunia digital sudah merambah ke berbagai aktivitas manusia pada umumnya, seperti bersosialisasi, bersedekah, bahkan jual beli online. Tapi sebenarnya tergantung  bagaimana si pengguna memanfaatkan adanya dunia digital tersebut, apabila memanfaatkannya untuk hal baik, maka yang akan diperoleh dampak positif, begitupun sebaliknya.

Bagi saya berbagi dengan sesama itu sebuah kebaikan yang tidak ada batasnya, apabila kita mendambakan kebahagiaan maka berbagilah kebahagiaan, jika kita ingin kekayaan maka berbagilah rezeki, Jika kita mendambakan cinta maka kita harus memberikan cinta. Karena dengan berbagi secara tidak sadar kita akan menerima, Ketika kita berbagi berarti kita akan menjadi manusia yang bermanfaat sedangkan bermanfaat adalah sebaik-baik manusia. Dengan berbagi maka insya Allah rasa kepuasan yang tak ternilai dalam diri itu akan hadir.

Berbicara masalah berbagi, mungkin diera sekarang sudah lebih mudah, apalagi terus berkembangnya dunia teknologi informasi menjadikan semuanya lebih mudah, seperti halnya jual beli, dulunya kita harus pergi ke pasar dan berdesak-desakan dengan banyak orang, tapi sekarang sudah digantikan dengan jual beli online seperti elevenia, yang merupakan tempat shopping online. begitu juga dengan berbagi.

Berbagi Lewat Youtube dan Blog

Berbagi sebenarnya tidak harus dengan uang atau harta, mencurahkan pikiran, tenaga, bahkan jiwa itulah berbagi. Setiap orang memilik cara masing-masing untuk berbagi dengan sesama, sayapun juga memiliki cara tersendiri untuk berbagi yaitu dengan memanfaatkan berkembangnya teknologi informasi seperti sekarang, seperti menebar ilmu pengetahuan melalui media online seperti youtube dan blog.

Review Berbagai Macam Gadget

Selain menjalankan rutinitas sebagai mahasiswa, saya juga aktif berbagi pengetahuan baik dalam bentuk tulisan ataupun video, berawal dari sebuah kesukaan ke dunia blogging, saya bersama dua teman mengawali ngeblog di awal tahun 2016. Memiliki latar belakang yang berbeda, namun kita berusaha untuk menyatukan kesukaan yaitu dunia teknologi, berupa smartphone, laptop, kamera dan lainnya yang berhubungan dengan dunia teknologi.

Awalnya kami bingung harus melakukan apa, lalu memutuskan untuk berbagi informasi bagi para penggemar gadget yaitu review berbagai gadget berdasarkan pendapat subjective dari kami. Dengan tujuan utama yaitu berbagi, kita tidak berharap apa-apa dari kegiatan kami ini, melainkan hanya mengharap sebuah kemanfaatan bagi orang lain.

Berbeda dengan hari lainnya, untuk dibulan ramadhan kami bertiga lebih semangat untuk berbagi karena dibulan ini kami berkumpul dalam satu kota lagi, mengingat kalau dibulan lain kami harus berbeda kota karena kuliah di universitas berbeda. Mengawali pagi dibulan yang penuh berkah, kami bertiga selalu berkumpul dirumah untuk menjalankan aktivitas positif tersebut.

Dalam berbagi tentang review gadget kami fokuskan ke media blog, karena katerbatasan waktu dalam memperoleh barang yang akan kami review tersebut, ya maklum kita mahasiswa kere hehe. untuk itu maka senjata utama yang dibutuhkan yaitu laptop dan koneksi internet. Biasanya kami mendapatkan barang untuk direview membelinya lewat marketplace seperti elevenia, karena selain harganya murah, kualitasnya pun sangat bagus.

Selain alasan diatas, faktor banyaknya variasi yang disediakan elevenia sangat banyak, bahkan ada beberapa produk yang dikirim dari luar negeri. Seharian kita bersama untuk menjalankan review gadget, tak terasa suara adzan telah berkumandang, dimana kita bertiga harus bersegera untuk membatalkan ibadah puasa. setelah itu bersegera untuk sholat berjamaah maghrib hingga sholat taraweh dan tadarusan.

Setelah itu kami melanjutkan aktivitas review lagi hingga jam 20.30, pada jam 21.00 kami harus publish hasil tulisan yang telah kami buat tersebut, karena pada jam itu biasanya banyak sekali pengguna internet berselancar maya atau sekedar bersosial media. dengan tujuan agar mendapatkan banyak pengunjung.

Berbagi Video Tips dan Trik How To

Untuk memaksimalkan keberadaan produk yang telah kami review di blog, kita juga membuat video bermanfaat lainnya yaitu seperti membuat video tentang bagaimana mengedit cinematic style videos dengan laptop toshiba L730, Tips agar Laptop Toshiba tidak ngelag ketika menjalankan aplikasi berat dan lain sebagainya.

Hari demi hari kami lewati, uang demi uang kami sisihkan demi sebuah kebaikan untuk orang lain, tak terasa kita sudah berada dibulan penuh berkah yaitu Ramadhan, tidak menyurutkan semangat kami untuk selalu produktiv menghasilkan sebuah karya berupa video tips dan tutorial.

29 Mei 2017 – Kami berlima berkumpul selesai teraweh, tidur dilapangan terbuka mencari inspirasi video selanjutnya, Langit malam bulan penuh berkah menyelimuti kebersamaan kami, untuk memikirkan tentang video yang akan kita buat yaitu “–Tips Agar Laptop toshiba L730 Tidak Lemot Saat Menjalankan Aplikasi Berat seperti Video Editor–“, “Gimana kalau kita tambahin RAMnya?” Celoteh salah satu tim kami, “Kita tambahkan Hardisknya?” saran saya. Ketua tim pun menyetujui semua pendapat, dengan menambah RAM hingga 8GB sudah cukup untuk memproses video, mengingat kalau ngerender video itu membutuhkan banyak RAM, sedangkan untuk Hardisk kita ubah menjadi 500 GB, yaitu dengan partisi di Local Disk C: 100 GB, mengingat cache saat melakukan render video itu juga membutuhkan space pada system yang bekerja.

Dengan spesifikasi VGA 2GB,  disertai prosesor Intel i3 2,1 GHz, dan RAM 8GB menurut kami sudah cukup untuk menjalankan aplikasi berat. Setelah kami tes, alhasil software video editor seperti adobe premier pro berjalan dengan lancar pada laptop yang telah kami otak-atik tersebut.

Setelah semua berjalan dengan lancar, langkah selanjutnya kami membuat video penjelasannya, saya sebagai aktor untuk menjelaskan sedangkan kedua teman saya menjadi kameramen dan bagian pencahayaan.

Berbagai Video Inspirasi Kehidupan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa apabila kita ingin mempercepat datangnya rezeki maka berbagilah rezeki kepada orang lain, ternyata perkataan saya tersebut tidak berlangsung lama hadir pada kehidupan nyata. Ternyata uang yang telah kami sisihkan perlahan demi waktu untuk berbagi informasi kepada orang lain tersebut membuahkan hasil bahkan diluar ekspektasi kami yang mulanya hanya berharap sebuah kemanfaatan.

Dari pertengahan tahun 2016 kami sudah mulai meraup pundi-pundi dollar meski masih dikategorikan receh-receh, tapi kami patut bersyukur kepada tuhan yang Maha Pemurah, tidak patah semangat kami terus berusaha dan bersemangat untuk berbagi meski hanya berbagi pengetahun di dunia digital.

hari demi hari produktivitas kami terus meningkat bahkan kinerja dalam membuat konten blog bisa sampai 10 artikel per hari, terhitung dari bulan Desember 2016 penghasilan blogpun meningkat cukup signifikan dari 9 juta/bulan ke 12 juta/bulan dari total 10 blog yang terpasang iklan google adsense. Kami sangat bersyukur, namun uang pendapatan yang kami peroleh tersebut tidak saya diamkan begitu saja, kami harus tetap konsisten dan terus pada prinsip awal kita yaitu BERBAGI!

15 Juni 2017, Dengan itu kami memutuskan untuk menginvestasikan uang tersebut ke alat videografi dengan tujuan agar video yang kami hasilkan semakin memanjakan dan bermanfaat bagi orang lain, seperti kamera, slider, lighting, tripod hingga audio recorder. Dan sisanya kami bagikan ke panti asuhan agar lebih nyata manfaatnya untuk orang yang kurang mampu, apalagi masih suasana ramadhan yang seharusnya kita sebagai manusia untuk terus saling berbagi.

Tak mau menyianyiakan momen saat kami berbagi ke anak yatim, kami sekalian melakukan shooting di area panti tersebut dan merekam aktivitas mereka saat bercanda, bersenda gurau hingga saat mereka menangis ketika salah satu temannya bercerita tentang kehidupan orang tuanya dulu. perlahan kami mulai meneteskan air mata saat mendengarnya.

Hasil video yang sudah kami rekam itu, lalu kita edit dengan laptop butut yaitu Toshiba L730 yang sudah kami otak atik tersebut, mulai dari menambahkan suara (hasil dubbing), Music dan berbagai efek yang mendukung suasana pada video agar yang menonton nanti lebih mendramatisi, dengan tujuan agar orang yang menonton juga akan terpanggil hatinya untuk saling berbagi pada sesama khususnya orang fakir miskin atau anak yatim.

Semacam itulah video yang kami buat, memuat tentang arti sebuah kehidupan, eitss, tapi tak hanya video seperti itu, kami juga terus belajar dan berusaha untuk memberikan konten berupa film pendek yang berisikan pesan moral kehidupan dengan gaya cinematic style.

Saat akhir ramadhan kami memproject sebuah film pendek yaitu “Berbagi itu Selamanya, Tak Hanya Saat Ramadhan” yang akan memberikan pesan moral berupa arti berbagi yang tak hanya dilakukan saat waktu ramadhan saja, melainkan harus terus kita lakukan selamanya, mengingat kodrat kita sebagai manusia yaitu untuk saling berbagi.

Hari pertama dimulai dengan mencari referensi dan topik yang sesuai dengan tema yang diangkat dengan cara selancar maya di film orang lain atau sekedar membaca komik, setelah itu mengonsep semua adegan sesuai dengan alur cerita, tak lupa setelah itu hunting lokasi yang sesuai, untuk hal ini biasanya saya turun langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi lapangan ataupun cahaya.

 

Ngeblog

Yang paling melelahkan dalam membuat konten video yaitu saat membawa barang bawaan yang berat banget, bayangin saja setiap mau take video harus bawa 2 kamera DSLR, 2 Lightstand, 3 Tripod, Slider dan Steadycam, yang kalau ditimbang beratnya mencapai 8-10 kg.

setelah melakukan shooting, lalu ke tahap pre production selanjutnya yakni ke post production, yang pertama dilakukan yaitu menyeleksi video yang mendukung konsep, setelah itu melakukan color correction serta color grading terhadap warna video sesuai suasana. selanjutnya yaitu melakukan pengecekan atau memperbaiki audio rekaman, dan langkah yang terakhir yaitu finishing serta membuat efek yang dibutuhkan.

Selama menjalankan aktivitas, tentu banyak sekali masalah, bahkan dapat menghentikan proses pengerjaan seperti cuaca hujan, dan yang paling lama memakan waktu yaitu saat color correction, color grading dan menambah efek, semuanya yang berhubungan dengan laptop, saya pikir hanya bermodalkan sebuah laptop dengan spesifikasi yang saya sebutkan diatas sudah dapat mumpuni dalam produksi film pendek, ternyata TIDAK!

Oleh karena itu saya memutuskan untuk menghentikan terlebih dahulu proses editing karena saat semua project di import, laptop kami malah not responding bahkan ke restart sendiri, apalagi kalau sudah ngerender, suara berisik  dari kipas laptoppun mulai bergerumuh dan panas yang dihasilkan juga sudah menjalar ke tangan. Padahal deadline sudah didepan mata yaitu sekitar 13 harian.

Spesifikasi Laptop

Lalu kami memutuskan untuk membeli laptop yang spesifikasinya jauh dibandingkan laptop yang lama, yaitu ASUS ROG GL552VX dengan spesifikasi Intel Core i7 7700HQ-2.8Ghz Turbo 3.8Ghz , RAM 16GB, Hardisk 1TB, VGA Nvidia GTX950MX 4GB yang sudah dibekali dengan layar Full HD, tentunya akan semakin gahar dalam menjalankan aktivitas editing video. Laptop ini memiliki harga yang relatif mahal namun dengan spesifikasi tersebut, dan ditambah dengan diskon dari Elevenia, maka bisa dibawa pulang dengan harga 13.299.100, tapi itu masih belum dipotong diskon lainnya loh.

Bagaimana? Ingin tahu cara saya berbelanja di Elevenia agar memperoleh harga spesial, tentunya dengan belanja aman dan hepi? Yuk ikuti pengalaman saya berbelanja di MarketPlace Elevenia.

Kenalan dengan Elevenia

Kalau berbelanja offline itu di shopping mall atau pasar, tapi kalau berbelanja online itu di Marketplace. Yups, Elevenia merupakan sebuah situs belanja online atau marketplace yang terbaik di Indonesia, dengan dikelola oleh PT. XL Planet, dimana merupakan hasil kerjasama antara PT XL axiata, Tbk. dengan SK planet Co.Ltd. dengan menghadirkan berbagai tipe dan macam produk yang akan memudahkan para pembeli dalam berbelanja.

Dengan dilengkapi dengan sistem rekening bersama membuat marketplace ini merupakan situs belanja terpercaya di mata konsumen, yang berusaha untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja dimanapun dan kapanpun. Btw sudah pernah pakai Elevenia sebelumnya?

Kalau belum pernah berikut saya jelaskan terlebih dahulu, elevenia bisa di akses dengan PC/Laptop, ataupun dengan aplikasi android dan ios, sebelum berbelanja mari kita instal terlebih dahulu aplikasinya! Belum tau?

Instal Mudah Banget

Cara Instal

Cara instalnya cukup mudah, hanya dengan membuka Google Play Store, lalu cari kata “Elevenia” di pencarian, pasti langsung ketemu, karena Elevenia salah satu aplikasi marketplace yang banyak dicari di Play store, lalu langkah selanjutnya yaitu Klik instal, lalu tinggal tunggu sebentar karena ukuran file aplikasinya cukup kecil, setelah diinstal tinggal buka dan lakukan pendaftaran agar kamu lebih mudah dalam bertransaksi di aplikasi elevenia.

Daftar Dulu, Baru Login

Cara daftar

Setelah proses penginstalan selesai, daftarin dulu data diri kamu agar memudahkan pada saat bertransaksi, dengan mengisikan nama, alamat email, tanggal lahir hingga nomor ponsel untuk proses aktivasi atau verifikasi akun yang kamu buat. Secara otomatis kamu akan login sendiri ke marketplace elevenia setelah akun kamu terverifikasi, baik dengan email ataupun nomor handphone.

Lalu, Belanja Sepuasnya!

Belanja

Kini saatnya kamu bisa belanja sepuasnya, yaitu langkah pertama kamu harus mencari produk yang kamu butuhkan pada kolom pencarian yang mendukung fitur filtering dan auto complete keyword, untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih mendetail kamu bisa gunakan fitur yang berada disisi kiri kalau menggunakan dekstop, contohnya kamu hanya menginginkan produk yang ditampilkan brand dari Asus, yang tinggal centang asus, atau kamu ingin mencari yang pengirimannya gratis, tinggal centang pengiriman gratis.

Sangat banyak variasi produk yang ditawarkan, yang terbagi dari beberapa produk seperti Fashion, Mokado, Kecantikan dan kesehatan, Bayi dan Anak, Rumah dan Taman, Gadget dan komputer, elektronik, olahraga dan hobi, serta jasa dan layanan.

Verifikasi dan Proses Pembayaran

Metode pembayaran

setelah itu, buruan klik beli sekarang sebelum dibeli orang lain, pertimbangkan dan bandingkan dengan produk sejenis pada seller lain, pastikan data pengiriman dan total pembayaran sudah sesuai dan benar, langkah terakhir yaitu klik Bayar Sekarang, secara otomatis sistem akan memproses pesanan yang telah kamu buat.

Kalau belum melakukan verifikasi nomor telepon, pada proses ini kamu akan diminta untuk verifikasi, tapi kalau sudah, tinggal bayar pesanan kamu sesuai metode pembayaran yang telah kamu pilih sebelumnya. Dan jangan lupa download semua voucher yang ditawarkan elevenia untuk anda dan pakailah voucher yang telah didownload sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya tinggal tunggu saja barang pesananmu datang kerumah.

Pengalaman Belanja di elevenia

Ada beberapa faktor saya lebih memilih marketplace elevenia sebagai sahabat dalam berbelanja, selain harga yang ditawarkan cukup murah, keamanan dan kecepatan pelayanan menjadi alasan saya kenapa masih setia dengan situs belanja online yang berdiri sejak tahun 2014 ini. Lebih dari 3 juta pengguna dan lebih dari 20 ribu transaksi terjadi setiap harinya membuat elevenia semakin digemari baik oleh pembeli ataupun penjual yang telah mencapai lebih dari 30.000 dengan 2,4 juta produk yang telah ditawarkan.

Awal tahun 2015 saya sudah bertransaksi di elevenia, yaitu membeli produk lensa untuk handphone, waktu itu saya sampai berpikir untuk menjual kembali produk tersebut karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan produk yang ditawarkan di daerah saya, waktu itu didaerah saya produk tersebut dijual dengan harga 75.000 sampai 120.000 tapi di elevenia saya mendapatkan produk yang sama dengan harga 20 ribuan saja, cukup fantastis dengan itu saya mendapatkan keuntungan bersih sekitar 8,5 juta dalam 1 bulan.

Cara belanja Aman

Keamanan berbelanja memang menjadi faktor utama yang diinginkan oleh para calon pembeli, maraknya penipuan jualan online membuat pembeli gerah untuk bertransaksi secara online lagi, kini elevenia hadir dengan sistem rekening bersama atau escrow, dimana memberikan keamanan dalam bertransaksi baik bagi pembeli ataupun penjual.

Transaksi Elevenia Berbagi Ramadhan

berikut penjelasan saya mengenai sistem kerja saat transaksi di elevenia, pembeli akan memilih barang di elevenia, lalu melakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran yang sesuai, setelah itu sistem elevenia akan meneruskan pesanan yang telah dibuat dan dibayar oleh pembeli kepada si penjual, lalu penjual memproses pesanannya (mengubah status), setelah itu penjual akan mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi yang telah dipilih pembeli.

Sebelum barang dikirim, pembeli masih bisa melakukan pengajuan pembatalan kepada elevenia, selanjutnya elevenia akan meneruskan kepada penjual, tapi kalau tidak dibatalkan maka barang akan terus dikirim hingga barang sampai di tangan pembeli, setelah itu maka pembeli harus memeriksa terlebih dahulu pesanan tersebut, apabila barang sesuai dengan keinginan maka lakukan konfirmasi penerimaan barang dan berikan feedbacknya kepada penjual sesuai barang dan pelayanan yang kamu peroleh.

Tapi kalau barang tidak sesuai, kamu bisa mengajukan penukaran atau pengembalian, disini elevenia akan menjadi penengah antara penjual dan pembeli hingga tahap penyelesaian, kalau penjual menyetujui kalau barang boleh ditukar maka pembeli harus mengirimkannya ke penjual, lalu penjual akan mengirimkan barang baru untuk dikirim kembali ke pembeli.

Cara dapat harga murah

Pengalaman transaksi terakhir saya berbelanja di elevenia yaitu pada tanggal 3 Juli 2017, kemaren saya beli Step Up Ring Filter Kamera, saya selancar maya di berbagai macam marketplace, kisaran harganya 150 ribuan hingga 230 ribuan belum termasuk ongkir, tapi ada juga 120 ribu tapi itu kosong, dan pilihan terakhir saya mencarinya di elevenia dengan harga normal 110.000, lalu ada diskon dari penjual sekitar 31.000.

 

eits tak hanya itu kita harus pinter cari voucher kalau di marketplace elevenia, saya lanjutkan memerikan semua voucher yang tersedia pada hari itu dan menemukan voucher pemotongan ongkir 20.000 dan Event voucher 3% total harga akhir yaitu 76.700, total pembayaran dengan ongkir 106.700 tapi ada pemotongan ongkir 20.000, dan akhirnya saya bisa bawa pulang dengan harga 86.700 ribu rupiah.

Transaksi

Benar-benar diluar ekspektasi pada hari itu juga penjual mengirimkan barang pesanan saya, tepat pada tanggal 6, saya menerima telfon dari jasa ekspedisi kalau barang saya sudah ada di destinasi kota. Sekarang barangnya pun bermanfaat bagi saya dan orang lain untuk membuat karya video yang menginspirasi.

Tak terasa sudah lebih dari 2.500 kata saya sampaikan pada artikel ini, tak ada yang saya harapkan selain kemanfaatan bagi para pembaca, semoga bermanfaat, terus menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain, Mari berbagi dengan sesama! karena “Berbagi kepada sesama adalah hal penting, karena tanpa berbagi kita sebagai manusia kehilangan arah dan arti dari makhluk sosial itu sendiri.”

“Jangan pernah merasa dirimu tak cukup baik, karena bagi seseorang, kamu adalah yg terbaik. Maka Berbagilah!”