Alasan Mengapa Kamu Harus Menulis Setiap Hari

alasan untuk menulis setiap hari

Steve Job : Kreativitas hanya menghubungkan hal-hal…..Orang-orang kreatif menghubungkan pengalaman yang mereka miliki dan mensintesis hal-hal baru.

Hallo gais apakabar? kali ini artikel ripytime akan membahas tentang alasan mengapa kamu harus menulis setiap hari. Kutipan diatas dapat menjadi kalimat yang memancing pikiran bagaimana kata-kata “menghubungkan hal-hal” secara perspektif sederhana. Lalu juga bagaimana kamu bisa mengembangkan keterampilan itu untuk diri sendiri?

Barry Davret, seorang penulis, setelah tiga tahun ia menulis, ia membangun proses untuk menulis penghubungan dengan beberapa hal. Dengan pengalaman penghubungan tersebut dengan emosi, reaksi, dan pelajaran hidup, kamu akan menambah beberapa manfaat, yaitu :

  1. Kamu akan belajar sesuatu hal yang baru tentang dirimu
  2. Kamu akan menghasilkan banyak ide baru
  3. Kamu akan mengasah diri kamu untuk belajar hal-hal yang baru dan menumbuhkan benih-benih kreativitas.

Untuk mendapatkan tiga hal tersebut, kamu harus melatih diri kamu untuk menulis setiap hari. Akan tetapi jangan nerveous, kamu tidah harus untuk mempublish tulisan kamu. Kamu tetap dapat keep tulisan kamu di folder pribadi kamu. Ini dia manfaat dan alasan mengapa kamu harus menulis setiap hari gaiss

Baca juga: Ini dia tips menulis untuk penulis pemula part 1

1. Alasan dan Manfaat Menulis = Melatih tingkat kreatifitasan kamu

Biasanya kebanyakan orang-orang memiliki permasalahan tidak memiliki cukup ide untuk menulis setiap hari. Tahukah kamu gais bahwa ide itu murah. Keterampilan, perjuangan, dan seni yang dapat mengembangkan ide.  Secara tidak langsung hal tersebut dapat menjadikan sebuah ide menjadi tak ternilai harganya. Dengan menulis setiap hari, kamu akan menajamkan kemampuan kamu untuk mentransformasikan sebuah ide ke dalam bentuk cerita, essay, atau pun sebuah tulisan pengalaman.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

2. Alasan Manfaat Menulis : Menjadi Lebih Sadar Diri

Kebanyakan orang melewati kehidupan tanpa mempertanyakan atau memeriksa pengalaman kehidupan mereka. Selain itu, kebanyakan orang-orang tidak pernah mendapatkan kesadaran akan kecenderungan emosional mereka. Kurangnya kesadaran akan membuat hal tersebut lebih sulit untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

Alat (kurangnya kesadaran untuk memperbaiki kualitas hidup) akan memaksa kamu untuk menghadapi mental kamu yang terblok secara tersembunyi. Tentu saja, kamu tidak dapat menemukan jawabannya dalam satu hari. Bahkan mungkin saja kamu tidak akan pernah memecahkan beberapa masalah kamu, akan tetapi kamu akan menambah kesadaran dan apresiasi untuk hidup dan bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi nilai diri kamu, keputusan, dan juga emosional.

3. Alasan Mengapa Harus Menulis Setiap hari = Belajar untuk Berfikir

Kegiatan menemukan kekuatan hubungan kamu untuk berfikir tentang pandangan kamu, keyakinan, dan juga opini dapat direalisasikan dengan menulis. Mengapa demekian? Tahukah kamu? Karena menulis membantu merealisasikan pikiran atau ide kamu. Selagi kamu menulis untuk merealisasikan hal tersebut, pikiran kamu ada yang berbisik bahwa “apa yang sebenarnya ingin kamu katakan disini?”. Ketika kamu akan menghapusnya, menulisnya lagi, dan menulisnya lagi. Mungkin itu dapat membuat kamu menjadi frustasi saat itu, akan tetapi ini akan mengantarkan kamu terhadap kejelasan dan pencerahan ide untuk apa yang ingin kamu lakukan.

create idea into story

menulis setiap hari

Terdapat dua mode untuk mendapatkan pengetahuan, yaitu pemikiran dan pengalaman. Pemikiran tidak membuat kesimpulan tertentu maupun untuk menghapus keraguan, terkecuali kalau pikiran kamu menemukan pengetahuan melalui pengalaman

Bagaimana caranya untuk menulis setiap hari?

Step-1 Observasi

Mulailah untuk mengobservasi pengalaman kehidupan kamu. Jika terdapat beberapa memori lama yang muncul kembali, jangan lupa catat juga Ada beberapa pelajaran yang paling berarti berasal dari peristiwa masa lalu yang muncul kembal bertahun-tahun kemudian.

Selama kamu berproses, kamu akan belajar untuk menajamkan keahlian observasi kamu. Kamu akan menjadi lebih peka untuk memerhatikan pengalaman, perbincangan atau percakapan, dan ingatan dengan pelajaran hidup berharga yang tersembunyi. Simpanlah sebuah note observasi tersebut di private note, samrtphone, ataupun laptop kamu. Dan kegiatan ini akan membantu kamu di langkah selanjutnya.

Step-2 Lakukan Hal dibawah ini sebelum tidur setiap malam hari

Ritual untuk waktu kamu di malam hari sebelum kamu tertidur. Kamu dapat membuat beberapa list pengalaman personal, ingatan, atau observasi dari hari-hari kamu. Dorong mereka dari koleksi yang kamu buat di langkah sebelumnya. Jika kamu membutuhkan lebih, ingatlah kronologi hidup kamu dan catatlah kedalam buku private note kamu apapun yang terlintas di pikiran kamu.

Step-3 Untuk Menulis = Pilihlah pengalaman yang menurut kamu paling menarik

Setelah kamu membuat daftar list dari tadi malam atau beberapa waktu yang lalu, kamu dapat memilih acara, observasi, atau pengalaman yang menurut kamu menarik atau menggemparkan hati kamu. Jika menurut kamu tidak ada yang menonjol, kamu juga dapat memilih beberapa tema dua ataupun tiga. Setelah kamu memilih temanya, kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Step-4 Temukanlah maksud dan artinya (dalam tulisan kamu)

Ketika kamu sudah memilih tema pada langkah-langkah sebelumnya, tanyakanlah pada dirimu sendiri beberapa pertanyaan untuk mencari arti dari pengalaman kamu. Ambillah minimal dua atau tiga, dan hal ini akan mengizinkan kamu untuk berpikir tentang hal tersebut dari yang menurut kamu masuk akal.

a. apakah pengalaman ini mengatakan tentang diriku, kehidupan, dan juga dunia?

b. Apakah hubungan antara pengalaman ini dengan (pilihlah salah satu: kehidupan, kerja, percintaan, kreatifitas, kesehatan, produktivitas, dan kebahagiaan)?

c. Apakah pengalan ini atau observasi ini dapat dibuktikan atau disanggah?

d. Emosi apakah yang dihasilkan dari ini?

e. Apa yang mengejutkan saya tentang ini?

f. Apa yang akan menjadi keputusan menjadi lebih baik?

Step-5 Mulailah Menulis

Ada beberapa kerangka kerja yang dapat kamu gunakan untuk menulis. Tetaplah berpegang pada stuktur sederhana ini sementara kamu merasa nyaman dengan prosesnya.

a. Bukalah catatan pengalaman pribadi anda

b. Gunakan jawaban yang anda temukan di langkah 4. Tulislah apakah itu sungguh berarti untuk kamu dan apa yang dapat kamu pelajari dari hal tersebut.

c. Kirimkan penjumlahan anda. Gagasan baru apa yang dihasilkan dari proses ini? Apa yang bisa anda simpulkan?

d. Biarkanlah selama beberapa jam dan berikan waktu pada pikiran kamu untuk memproses

e. Edit, kamu akan menemukan beberapa dari apa yang kamu tulis tidak masuk akal atau perlu klarifikasi. Jangan abaikan bagian proses ini. Tindakan mengklarifikasi kata-kata kamu untuk berpikir. Di situlah manfaat nyata akan terwujud.

f. Terbitkanlah (opsional). Pertimbangkan proses ini jika kamu berpikir untuk menerbitkan karya kamu sendiri.

Nah itulah ulasan yang dapat saya sampaikan berdasarkan smber dari Barry Davret, intinya adalah ketika kamu hunt untuk hubungan antara pengalaman dan kehidupan, kamu mendapatkan kesadaran diri. Ketika kamu menulis tentang apa yang kamu mengerti, kamu telah membuat dan mengembangkan ide yang baru. Itulah kreatifitas.