Menampilkan Compliance Test Di Ubiquity

Cara Cepat Menampilkan Compliance Test Di Ubiquity

compliance-testSebenarnya untuk Menampilkan Compliance Test Di Ubiquity dan setting konfigurasinya itu bisa saya katakan sangat mudah, karena menu yang mudah dipahami dan tampilannya juga simple. Namun yang jadi kendala sekarang ini adalah terbatasnya penggunaan besarnya power dbm. Nah baru baru ini ubiquity meluncurkan firmware terbaru untuk mengantisipasi adanya kekurangan kekurangan di versi sebelumnya. Namun ternyata update versi ini justru banyak dikeluhkan pengguna termasuk saya sendiri.

Nah apa sih yang membuat resah pada firmware terbaru ini. Sebenarnya hanya masalah sepele saja, karena hanya menghilangkan Compliance Test pada pilihan country. Nah ternyata pilihan inilah yang justru dibutuhkan para teknisi ubnt. Karena jika pilihan negara Compliance Test maka kita bisa menggunakan power yang sesuai keinginan kita layaknya uji coba. Jika kita memilih negara maka nanti akan dibatasi power dbmnya. Mungkin ini hanya terjadi pada ubiquity saja. Karena pada TPlink dan mikrotik tidak menggunakan sistem itu.

Manfaat Compliance Test
Saya sendiri merasa butuh sekali fitur Complient Test, karena sangat dibutuhkan dalam pemasangan jaringan wireless jarak jauh. Compliance Test ini diperlukan untuk mempermudah saat melakukan pointing. Karena saat ini sudah banyak sekali jaringan wireless bertebaran sampai sudah masuk desa-desa yang nantinya semakin banyak pengguna frekuensi maka akan berdampak pada radio kita interfensi. Nah batasan inilah yang dibuat ubiquity agar tidak terjadi interferensi sesama radio akses point kita. Jadi pemilihan frekuensi juga sangat penting dalam terjadinya interferensi tersebut. Saya mengalami banyak kasus interferensi salah satunya adalah pada pengaturan frekuensi dan juga power dbm nya. Jadi pilihlah frekuensi yang sedikit mungkin kemungkinan dipakai radio lain agar tidak mudah terjadi interferensi.

Langkah awal :

– Pastikan kalian telah miliki tool remote seperti PUTTY , Jika belum punya silahkan Download disini
PUTTY || DOWNLOAD
– Selanjutnya tinggal remote radio via IP Adressnya dengan pilihan SSH
– Apabila ip anda masih default berarti ya masukkan 192.168.1.20 port :22

 

putty-tc

– Open, nanati akan ada pemberitahuan tinggal YES aja
– Login sesuai dengan radio anda. Apabila masih default ya tinggal masukkan user : ubnt dan pass : ubnt
– Kemudian pada console SSH ketikkan command berikut ini :
– Ada beberapa perbedaan untuk memunculkan Complience test.

Perintahnya seperti dibawah ini. Anda tinggal copy paste aja.
Untuk XM-v5.5.8

echo “radartool cactime 1000″ > /etc/persistent/rc.poststart
echo “echo ‘

Untuk XM-v5.5.9 dan XM-v5.5.10

touch /etc/persistent/ct
save
reboot

Setelah proses selesai maka radio akan restart. Tunggu hingga beberapa detik sampai hidup kembali. Silahkan login melalui browser dan lihat pada pilihan Country nya.
Jika anda belum berhasil ulangi lagi seperti awal lagi, semoga berhasil.

Share this post