Belajar Fungsi Rumus Excel Average dan Averagea

Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;

1. Fungsi Average
= AVERAGE(cel pertama:cel terakhir), dimana cel pertama sampai cell terakhir dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data cell E8 sampai cell G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter. Rumus excel Averege ini biasanya di gunakan untuk administrasi sekolah,

excel average

Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita dapat menggunakan fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut kita gunakan B2 sebagai cell pertama kemudian B9 sebagai cell terakhir.
= Average ( B2:B11)
Setetalah penulisannya benar kemudian tekan enter.

2. Fungsi Averagea

Fungsi averagea mempunyai manfaat yang sama dengan penggunaan fungsi average diatas, yaitu menghitung nilai rata-rata dalam rentang sel yang dipilih. Perbedaan antara fungsi average dengan averagea adalah apabila fungsi average akan mengabaikan perhitungan jumlah dalam sel yang bukan merupakan angka, sedangkan fungsi average akan menghitung jumlah dalam sel yang bukan angka. Contoh penggunaan fungsi averagea bersama dengan perbedaannya dengan fungsi average, sobat dapat lihat pada gambar fungsi averagea dibawah ini.

fungsi-averagea

Pada contoh diatas rentang sel yang akan dipilih dengan menggunakan average dan averagea adalah sama yaitu rentang B2:B6. Dengan menggunakan fungsi averagea maka jumlah yang akan didapatkan adalah jumlah angka dari array (10) dibagi dengan banyaknya sel yang digunakan dalam array (5). Jadi pada sel B9 dengan rumus =AVERAGEA(B2:B6) akan menghasilkan 10/5=2. Sedangkan jika menggunakan fungsi average, jika terdapat nilai bukan angka pada salah satu sel dalam rentang sel yang dipilih, maka fungsi ini akan mengabaikan sel tersebut dalam jumlah data pembagi. Dengan menggunakan fungsi average pada contoh data yang sama, maka rumus formula =AVERAGE(B2:B6) akan menghasilkan nilai 2.5 yaitu 10/4 karena sel B6 tidak dihitung.

Kesimpulan
Dengan menggunakan fungsi average dan averagea, maka akan membantu pengerjaan pada aplikasi ms.excel yang berhubungan dengan angka-angka statistik.

Share this post